Hari Batik Nasional mendapat kesan tersendiri bagi Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti, Sabtu (2/10). Pasalnya, Reni sewaktu dijumpai di berbagai acara, kerap mengenakan batik karya para pelaku UMKM Surabaya.

“Di Surabaya banyak UMKM yang bisa memproduksi karya batik dengan motif khas Surabaya dan ini perlu dipopulerkan,” tuturnya melalui pesan suara WhatsApp.

Reni menuturkan ini sebagai tugas bersama untuk mengenalkan batik Surabaya. “Di mulai dari kita yang pakai, wali kota bersama jajaran pejabat dan pegawai pemkot sehingga bisa jadi model agar masyarakat semakin tahu batik Surabaya,” kata dia.

Politisi PKS ini juga mendorong kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya agar lebih mempopulerkan batik Surabaya kepada publik, di samping membantu pengrajin batik agar produk yang dihasilkan semakin berkualitas.

“Misal penggunaan motif batik Surabaya pada seragam-seragam sekolah maupun seragam pegawai-pegawai di lingkungan Pemkot,” tambahnya.

Bagi Pimpinan DPRD ini, corak khas batik Surabaya bisa lebih dikedepankan dan dipasarkan. Namun yang tidak kalah penting, lanjut Reni, akan lebih baik lagi bila itu hasil karya dari warga Surabaya demi memajukan para pengrajin batik Surabaya.

Alumnus ITS ini diketahui banyak memiliki koleksi batik dari para pengrajin Surabaya. Mulai dari jilbab hingga busana keseharian yang dikenakan saat agenda kedewanan, sapa warga, maupun saat kunjungan ke luar negeri.

 

Sumber:

Hari Batik Nasional, DPRD Ajak Populerkan Batik Khas Surabaya – Memorandum.co.id

 

Berita Serupa:

Pimpinan DPRD ajak populerkan batik khas Kota Surabaya – ANTARA News Jawa Timur

Hari Batik Nasional, Siapa Sangka Surabaya Ternyata Punya Batik Khas | TIMES Indonesia

Hari Batik Nasional, DPRD Surabaya Ajak Populerkan Batik Khas Kota Pahlawan | beritajatim.com

Hari Batik Nasional,Pimpinan DPRD Ajak Populerkan Batik Surabaya • DIAGRAM KOTA

Pimpinan DPRD ajak populerkan batik khas Surabaya (elshinta.com)